Minggu, 01 Juli 2018

Aktifitas KaMo : Tour Ke Pasar : KaMo Homeschooling Community WA 68506155



Belajar Berkomunikasi Dengan Baik : Tour Ke Pasar

By Tiara Sila 

Gen dan Sen pagi-pagi sudah mempersiapakan diri. Berbekal sarapan yang sudah dimakan di rumah, buku catatan, pensil, dan sebotol air minum mereka siap mengobservasi pasar di dekat rumah. Visi yang hendak dicapai adalah mendapatkan harga jual dari 10 jenis sayur-mayur yang dijual di pasar. 

Mengunjungi pasar bukan hal yang baru bagi Gen dan Sen, tapi kali ini cukup berbeda karena ada tugas yang ingin diselesaikan di sana. Gen dan Sen akan belajar bagaiamana caranya mendapatkan data. Pengalaman belajar seperti ini sangat penting. Untuk mendapatkan data, anak harus berkomunikasi. Di dalam komunikasi banyak hal yang terlibat. Ada etika, keberanian, regulasi emosi juga ada keterhubungan. 


Prosel belajar yang didampingi ini memberikan pengalaman yang tidak biasa dan tidak terencanakan. Pengalam ditolak. Di awal-awal, Gen dan Sen yang datang dengan semangat namun menerima penolakan. Saat bertanya, mereka tidak mendapat respon. Setelah mendapat respon yang tidak diharapakan, Gen dan Sen mulai ragu untuk melanjutkan. 

Di sinilah guru/orang tua atau fasilitator berperan penting terhadap proses belajar anak. Melakukan briefing di awal, memantau prosesnya, serta membuat evaluasi yang penting sekaligus juga melakukan penguatan.

Gen dan Sen akhirnya menemukan, kenapa pertanyaan mereka tidak dijawab adalah karena mereka bertanya dari jarak yang jauh (karena agak takut) sehingga penjual sepertinya tidak yakin kalau dirinyalah yang sedang ditanyai. Selain itu, anak-anak juga menemukan bahwa pertanyaan mereka tidak dijawab karena tidak ada sapaan dan tatapan yang fokus kepada penjual saat bertanya. Hal itu membuat penjual sepertinya merasa tidak sedang diajak bicara. 

Penemuan yang merupakan evaluasi ini langsung direspon baik dengan Gen dan Sen. Operasi pasar dilanjutkan, dan mereka mampu memenuhi visi, membawa catatan data harga 15 jenis sayur-mayur di Pasar Segar. Mereka mendapat dan memberikan data lebih dari jumlah minimum yang telah ditentukan.

Proses belajar berhasil,yeay ! 

Aktifitas KaMo : Tour Ke Pasar : KaMo Homeschooling Community WA  68506155

Tidak ada komentar:

Posting Komentar