Jumat, 06 Juli 2018

Aktifitas KaMo : Onde Klepon : KaMo Homeschooling Community :WA 68506155



Mengajak Anak Menyadari Proses dalam Pembuatan Onde Klepon

by Tiara Sila


Membuat onde klepon sepertinya sangat mudah. Bulatan hijau kecil berisi gula merah , lebih sering ditambahkan parutan kelapa di atasnya. Namun, tidak sesepele itu bagi anak yang baru pertama kali belajar mengikuti proses memasak. Ada antusias dan rasa deg-degan di dalamnya, akankah adonan berubah menjadi onde klepon seperti yang ada di video atau gambar pada buku masak ?

Mengkondisikan ruang belajar yang bisa melibatkan anak sebesar mungkin adalah sangat penting. Dengan terlibat lebih banyak, anak bisa belajar dan mendapatkan hal lebih banyak juga. Seperti apa yang dilakukan KaMo Homeschooling bersama Sen dan Gen yang menjadi pembelajar di sekolah ini. Sen dan Gen hanya difasilitasi video pembuatan onde klepon, kemudian mereka mengamati langkah cara pembuatan serta mencatat alat dan bahan yang diperlukan. 



Setelah mengetahui bagaimana cara mengolah adonan menjadi onde klepon, Sen dan Gen tidak bisa langsung membuatnya karena semua harus disiapkan. Berbekal catatan dan diskusi, Sen dan Gen pergi berbelanja keperluan bahan ke pasar tentu bersama guru sebagai pendamping. Ada perjalanan menuju ke pasar, ada proses tanya jawab harga bersama pedagang, ada interaksi bersama pembeli lain di pasar, ada perhitungan budget dan realisasi harga kebutuhan. Di bagian proses ini saja, anak-anak sudah belajar banyak. 

Setelah selesai melengkapi kebutuhan dari proses, sampailah anak-anak ke dalam proses pengolahan. Anak-anak akan belajar berbagi tugas, siapa yang menguleni adonan, dan siapa yang menuangkan larutan pasta pandan. Tidak hanya itu, mereka juga belajar bagaimana rasanya menunggu kukusan kelapa, apa yang akan terjadi jika tidak sabar menunggu onde klepon naik ke atas permukaan air dengan alami, dan yang tidak kalah penting adalah anak-anak belajar bagaimana berbagi kesempatan mencoba kepada orang lain. Sen dan Gen sempat terlibat konflik karena berebut jatah menenggelamkan bulatan klepon ke dalam air didihan juga mengangkat onde klepon yang sudah mengapung.

Di pengalaman pertama biasanya anak merasa sangat antusias memiliki, sehingga sulit berbagi. Di sinilah guru berperan. Begitulah jika anak terlibat sebagai pihak pertama, akan ada banyak hal yang bisa mereka temukan dan pelajari. Sesuatu yang tidak kalah menarik dari kelas pembuatan onde klepon adalah kesadaran yang diungkapkan anak-anak itu sendiri bahwa membuat onde klepon itu lama dan capek juga. Dari hasil pengamatan anak-anak ini sendiri, anak-anak akan mudah belajar untuk sensitif terhadap hasil kerja orang lain, khususnya bagi penjual onde klepon. 

 Aktifitas KaMo : Onde Klepon : KaMo Homeschooling Community :WA  68506155

Tidak ada komentar:

Posting Komentar