Kamis, 28 Juni 2018

Aktifitas Kamo : Membuat Eskrim : KaMo Homeschooling Community WA 0852 68506155




Berbagi dan Mendukung Setiap Peran (Learn Live Together) Saat Membuat Es Krim Putar Dengan Garam


UNESCO telah membagi 4 pilar belajar, yakni learn to be, learn to know, learn to do, dan learn live together. Selama ini sistem pendidikan sebagian besar memberi perhatian pada pilar yang menguraikan learn to know. Pada pilar ini anak belajar memahami, menghapal, mencari untuk mengetahui, dan melakukan sintesis pengetahuan. 

Selain dari pilar learn to know, terdapat 3 pilar atau proses belajar yang perlu dikembangkan bersama anak-anak. Salah satunya adalah learn live together. Proses ini mengajak anak untuk membangun kebiasaan hidup bersama, saling menghormati dan menghargai, terbuka, memberi dan menerima. Hasil dari proses belajar ini adalah anak mampu menempatkan diri sesuai dengan perannya dan mampu mendukung peran orang di sekitarnya. 


Ada banyak aktivitas belajar yang bisa menghadirkan proses belajar learn to live together ini. Semua subjek belajar bisa digunakan, seperti yang dilakukan di KaMo Homeschooling. Pada subjek Natural Science and Application kali ini, anak-anak berencana akan membuat es krim putar dengan menggunakan prinsip kimia sederhana. Es krim putar ini menggunakan garam dapur untuk mempercepat terjadinya penurunan suhu. 

Pembuatan es krim putar dengan garam ini membutuhkan biaya yang tidak mahal sama sekali. Anak-anak menggunakan bahan-bahan yang tersedia di dapur saja. Walaupun murah dan sederhana, pembuatan es krim sederhana ini tidaklah gampangan. Pembuatan es krim ini membutuhkan keterlibatan orang lain, keseimbangan, dan kekompakan mengusahakan bersama. Kenapa ? Untuk menggoyang-goyang adonan saja dibutuhkan tiga orang yang kompak, butuh leader, belum lagi harus ada seseorang yang berperan mengambil bahan dan alat yan dibutuhkan saat leader memberi instruksi, dan butuh seseorang yang berperan mendokumentasikan proses sambil memberikan sorak-sorak semangat karena aktivitas ini menghabiskan cukup tenaga dan waktu.

Dengan kondisi bahwa pekerjaan membutuhkan peran yang baik dari masing-masing anggota agar pekerjaan bisa diselesaikan, anak-anak bisa belajar learn live together. Seperti yang terjadi di kelas belajar KaMo Homeschooling, keributan sempat terjadi di kelompok pembuat es krim karena belum hadirnya penerimaaan dan pemahaman terhadap peran diri juga orang lain. Namun semakin lama waktu, keterbukaan dan penerimaan terhadap peran diri sendiri dan orang lain terjadi. Anak-anak mulai berkomunikasi dengan baik dan mampu mengatur kerja kelompok sehingga es krim putar berhasil dibuat. Yeay ! Betapa penting guru, orang tua atau fasilitator belajar anak, memiliki kekompakan dan kemampuan mendesain aktivitas belajar agar proses-proses belajar yang dibutuhkan anak (empat pilar) bisa terpenuhi. 

 Aktifitas Kamo : Membuat Eskrim : KaMo Homeschooling Community WA  0852 68506155

Tidak ada komentar:

Posting Komentar