Senin, 23 Januari 2012

Refleksi Tahun Baru : Menemukan yang penting

Jon, seorang pemuda bijak berbincang dengan seorang rekannya, Andi, yang bersemangat dan bercita cita luhur. Andi ingin membuat dunia menjadi tempat yang lebih maju dan indah. ia berbincang ke sana kemari kepada jon, betapa banyak gagasan dan konsep yang dituangkannya dalam kata kata. Sementara Jon, sabar, diam, menunggu dan mendengarkan, sampai akhirnya andi bertanya" bagaimana pendapatmu Jon?"

Jon menjawab sederhana, "aku kagum dengan konsep dan gagasanmu, tapi coba lihat sejenak, bagaimanakah kamu membereskan kamar dan rumahmu. sangking kamu sibuk memikirkan yang di luar dan jauh, kamu lupa untuk memperhatikan hal hal kecil yang ada disekitarmu. Rumahmu kotor dan maaf sedikit bau.....

Untuk membuat perubahan dimulai dari dalam diri. Pertama tama melakukan refleksi dan menyadari apa yang benar dan salah atau apa yang baik dan jahat. Kemudian membulatkan tekad melakukan perubahan dengan langkah langkah kecil yang konkrit. Berani bersikap untuk lakukan yang benar dan baik ketika jatuh/gagal bangkitlah segera.

Tahun baru masehi dan tahun baru cina, baru saja lewat dan sekarang adalah tahun naga air. kebanyakan kita mungkin sudah dijejali dengan berbagai rencana dan target-target. Biasanya kita penuh harapan dan ingin membuat perubahan di tahun ini menjadi tahun yang lebih baik dari 2011.

Pertanyaannya adalah apakah kita sudah memiliki rencana yang penting untuk hidup kita. "Apa yang saya anggap penting?" Sebagian besar orang yang sudah berkeluarga akan menjawab, yang penting itu adalah keluarga, anak dan relasi suami istri. Namun coba sedikit kita koreksi berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk yang penting tersebut? Apakah kita mempunyai rencana dengan keluarga, apakah kita punya rencana dengan anak, apakah kita punya rencana dengan pasangan?. Lihatlah rencana-rencana yang sudah dibuat apakah ada rencana untuk hal yang kita anggap penting?

Terkadang kita membuat rencana-rencana perubahan yang ada dalam kehidupan diri sendiri tanpa memikirkan bagaimana dengan orang lain  atau tujuan awal yang kita anggap penting tadi. sehingga tanpa sadar kita memikirkan dan merencanakan yang mungkin kurang penting dibanding dengan apa yang kita anggap penting. seperti jabatan saya, karir saya, keuangan saya, mobil saya, rumah untuk investasi, tabungan dan deposito dengan jumlah tertentu, saham yang akan dibeli dan lain lain.Sekali lagi tanpa sadar kita terkadang membuat rencana hanya untuk sekedar meningkatkan kekayaan, nama dan kepentingan serta pengaruh. yang kesemuanya itu semu dan tidak meninggalkan jejak ketika kita kembali ke tanah (mati).


Jadi di tahun baru ini mari kita kembali menemukan apa yang paling penting dalam hidup kita, merencanakannya dan mulailah mencapainya dengan hal hal kecil terlebih dahulu. Satu lagi yang penting, lakukanlah dengan berani seperti naga air 2012....

selamat Tahun baru ... salam hangat candra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar