Jumat, 01 November 2013

Hal Sepele Namun Berharga....



Di zaman modern ini, semakin banyak orang yang tidak peduli terhadap kelestarian lingkungan hidup. Sebagai bagian dari masyarakat, kita terus menggunakan sumber daya alam untuk kepentingan individu maupun kelompok tanpa memperhatikan dampak ataupun akibat yang akan terjadi di masa yang akan datang.

 
Walaupun demikian, setiap hal kecil yang kita lakukan ternyata bisa menjadi suatu hal yang besar jika dilakukan secara rutin dan hal ini bisa menjadi teladan bagi kita semua. Setiap tindakan yang kita lakukan ternyata tidak hanya membawa dampak bagi kita sendiri, namun sangat berpengaruh juga bagi orang banyak di lingkungan sekitar kita.

Bobby adalah seorang siswa SMA yang tidak berbeda dengan siswa SMA lain seumurnya. Namun, ada sesuatu yang membuatnya menjadi seseorang yang luar biasa. Dari hal kecil untuk tetap semangat dan proaktif serta keseriusannya dalam mengerjakan setiap hal ternyata memberi inspirasi yang berarti.

Tidak hanya itu, dengan setiap pergumulan dalam kehidupannya, Bobby mulai melakukan perubahan dengan selalu menghemat penggunaan air bersih. Ia juga selalu menggunakan botol minum maupun tempat makan yang bisa digunakan terus menerus sehingga tidak menambah sampah terhadap lingkungan.

Ia juga aktif dalam kegiatan ‘Fun Bike’ yang bertujuan untuk tetap menjaga kebugaran tubuh danyang terutama mempromosikan bahwa sepeda merupakan transportasi yang baik serta ramah lingkungan dibandingkan sepeda motor dan mobil. Ia berharap dengan bersepeda ke sekolah setiap hari, teman-temannya akan mengikutinya untuk bersepeda disbanding menggunakan sepeda motor atau mobil agar mengurangi polusi udara.
 
Selain itu, saat membuang sampah pun, Bobby selalu membuang pada tempatnya dan memperhatikan perbedaan antara sampah organik dan non-organik. Hal yang sederhana sekali memang. Namun, jika setiap orang melakukan hal tersebut, dunia akan menjadi lebih baik bukan?

Dengan segala perhatiannya terhadap lingkungan, Bobby selalu berusaha melakukan penghematan dari semua hal yang ia gunakan sehingga hal ini dapat berdampak lanjut terhadap kelestarian lingkungan baik dari segi sumber daya dan pencegahan kerusakan lingkungan yang ekstrim.

Bayangkan apabila semua orang melakukan hal ini! Hal kecil yang dilakukan Bobby mungkin hal yang sederhana. Namun, hal sederhana inilah yang menjadi teladan bagi kita untuk ikut berpartisipasi terhadap pelestarian lingkungan kita. Hal sederhana seperti inilah yang perlu dilakukan setiap orang karena bila setiap orang melakukan hal kecil, hal tersebut akan menjadi sesuatu yang besar dan memberikan dampak yang signifikan. Mulailah mengikuti teladan Bobby sejak hari ini !

Ditulis Oleh : Billy S.A.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar