Selasa, 03 Desember 2013

Didik Anak Cewek Agar Jangan Cetek...

Judulnya sangaaaarrrrr ( r-nya banyaaaakkk).

Tidak apa, karena justru saya ingin sekali mengatakan kepada yang punya anak cewek, untuk mendidik mereka dengan baik , benar, logis dan penuh kasih sayang, agar jangan bertumbuh menjadi wanita dewasa yang mudah dibohongi orang, dan rentan menjadi korban tipu tipu lelaki.

Sebelumnya, sedikit curcol ah… Saya bersaudara 4 orang, tiga perempuan, dan satu laki laki. Saya sebagai yang sulung dari empat bersaudara. Rasa hormat dan terima kasih sekaligus kekaguman yang luar biasa saya berikan kepada ibu dan  ayah saya tercinta.


Di mata saya, ayah dan ibu  telah berhasil mendidik ketiga anak perempuannya untuk tumbuh menjadi wanita baik baik, menikah dan memiliki suami penyayang, suka menolong dan percaya diri. Woi, ini bukan promosi, lha sudah laku semuanya kok…

Saya  sendiri memiliki dua anak laki laki dan si bungsu perempuan. Jadi tidak pernah ada di dalam hati sanubari saya untuk tidak membela kaum saya. Justru karena saya menyayangi kaum Hawa, maka saya selalu menulis dengan tujuan ingin berbagi yang baik baik kepada semua kompasianer, khususnya kaum Hawa.

Dengung kesetaraan gender percuma kita gembar gemborkan selama kita tidak bisa memperlakukan wanita sebagai insan dewasa yang memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan kaum pria. 

Kesetaraan gender jangan hanya besar volume ketika wanita menjadi pihak yang dirugikan, namun menutup kuping terhadap kasus ketika wanita mungkin menjadi penyebab masalah.

Kesetaraan gender tidak  dimaksudkan untuk tidak adil terhadap kaum pria. Ini namanya kesetaraan gender yang kebabalasan. Saya anti ketidak adilan. Sampai kapanpun, selama hayat di kandung badan, saya akan terus berjuang membela yang benar dan terus berusaha semaksimal mungkin berlaku adil dan fair.

Wanita secara rata rata memang lebih emosional (itu saya ngaku) tapi bukan berarti tidak bisa dididik dan belajar berpikir fair dan dewasa secara logis. Bagi orang tua yang memiliki anak cewek, mudah mudahan beberapa tips yang saya tulis dibawah ini, dapat bermanfaat  dalam mendidik anak, khususnya cewek. Edisi mendidik anak cowok, pasti saya tuliskan berikutnya  (khan harus adil). Tapi ladies first lah…

1. Berlaku adil terhadap anak anak. 
  Percuma memberi seribu nasehat kepada anak cewek, kalau orang tua sendiri tidak bisa adil dan lebih mengistimewakan anak laki laki. Berlaku adil juga bukan berarti si sulung selalu benar dan adiknya harus mengalah, atau sebaliknya, karena adiknya masih kecil maka kakak harus mengalah.

2. Menanamkan pengertian kepada anak perempuan bahwa menjadi wanita adalah suatu kebanggaan.
 Kaum Hawa diciptakan Tuhan mengemban misi termulia di dunia, yaitu menjadi ibu yang mengandung dan melahirkan. Ini bukan tugas ringan dan main main.

Hal ini perlu ditanamkan sejak dini, agar ketika anak cewek anda menjadi wanita dewasa, mereka paham benar bahwa keputusan menikah dan menjadi ibu bukanlah keputusan yang main main dan bisa dirubah sesuka hati. Tekankan pentingnya didikan seorang ibu terhadap perkembangan dan kebahagiaan anak anak di masa depan.

3. Jelaskan juga bahwa menjadi wanita bukan berarti bisa menggunakan sisi feminin untuk memperdayai sesama.
 Bakat, kecantikan, kepintaran yang diberikan Tuhan adalah titipan sementara. Pergunakan semuanya demi tujuan yang baik dan sebisanya membawa manfaat bagi sesama.

Kecantikan bukan untuk dijual demi mencapai sesuatu dengan instan.   Fisik dan jenis kelamin bukan merupakan penentu kesuksesan. Tanamkan pemahaman yang benar bahwa kesuksesan membutuhkan kerja keras, dan bahwa kita dihargai orang karena memiliki karakter dan integritas. Bukan karena cantik semata.

4. Berikan semangat dalam pemahaman untuk tidak larut dalam pujian, dan terkapar karena kritikan.
 Bahwa pujian dan kritikan merupakan hal lumrah yang harus dihadapi dalam hidup ini. Jelaskan kepada anak cewek anda bahwa penilaian yang sesungguhnya adalah kata hati dan nurani diri sendiri. Kecantikan bisa menipu orang lain, tapi tidak bisa menipu diri sendiri. Ajarkan bahwa tipuan paling besar adalah menipu diri sendiri dan menyangkali hati nurani.

5. Secara konsisten beri anak cewek anda semangat untuk menjadi diri mereka sendiri tanpa membanding bandingkan dengan yang lain. 
 Puji mereka berdasarkan pencapaian. Kritik mereka jika salah, dan katakan harus bagaimana mereka bersikap dan memperbaiki yang salah. Biarkan mereka menjalani konsekuensi wajar atas kekeliruan yang mereka lakukan, agar mereka sejak dini menyadari bahwa dalam segala hal, selalu ada hak dan tanggung jawab.

6. Ajari cara berkomunikasi yang baik dengan bahasa praktis.
 Ini memang memerlukan waktu, karena biasanya anak perempuan cepat menangis dan susah mengungkapkan lewat kata kata namun lebih banyak lewat tangisan dan emosi.  Ajarkan kepada anak cewek anda untuk selalu dapat mengungkapkan pikiran dan perasaan dengan baik, sopan, ringkas dan jelas.

7. Tanamkan kepada anak cewek bahwa cantik tidak cantik, semua harus antri.
 Ini didikan yang bertujuan untuk mengembangkan anak perempuan anda bersikap adil dan fair terhadap sesama. Peraturan adalah peraturan, semua ada aturan main yang baik. Hormati hak orang lain seperti kita juga ingin dihormati.Life is about take and give. Kita pada akhirnya akan menerima yang pantas kita terima sesuai perbuatan kita bukan karena fisik dan jenis kelamin.

8. Dukung sepenuhnya cita cita anak cewek anda, sepanjang itu baik dan menjadi pilihannya. Jelaskan bahwa hidup adalah pilihan, dan manusia dewasa harus siap menjalani segala konsekuansi atas pilihan hidupnya. Bukan karean anak anda seorang perempuan, maka saudara laki lakinya yang harus bertanggung jawab atau disalahkan ketika dia yang melakukan kesalahan. Redefine to your girls, what it means to be responsible. 

9. Tanamkan sedini mungkin kepada anak cewek anda bahwa setiap insan perlu membekali diri sendiri dengan ilmu dan kemampuan agar dapat mandiri.

Soal kemudian anak anda memutuskan untuk menjadi ibu rumah tangga, itu menjadi pilihan hidupnya bersama suaminya kelak. Tapi tugas orang tua adalah membekali anak perempuan dengan pendidikan yang baik agar memiliki kompetensi untuk bisa bersaing secara sehat.

Sembilan sudah cukup banyak…. Saya sudahi disini saja, karena si penulis cewek ini sudah lapar dan perlu sarapan. Semoga bermanfaat, inspiratif, aktual dan menarik.

Salam sayang selalu.
gambar dari www. todays -quote.com

Link : http://muda.kompasiana.com/2013/12/04/didik-anak-cewek-agar-jangan-cetek-616393.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar