Selasa, 26 Juni 2018

Aktifitas KaMo : Menjadi Ilmuwan : Kamo Homeschooling Community WA 0852 68506155



Menjadi Ilmuan Berarti Menjadi Sabar : Eksperimen Kapilaritas

by Tiara Sila
 
Eksperimen kimia sederhana kali ini lebih seru. Eksperimen ini adalah eksperimen kapilaritas, sebuah pengujian yang membuktikan mampunya air naik atau meresap melalui celah-celah kecil pada media yang dipilih. Banyak kejadian sehari-hari terjadi dengan menggunakan prinsip kapilaritas ini, misalnya pengisapan air dan zat hara oleh tumbuhan atau peritiwa naiknya minyak tanah pada sumbu kompor. 


Pada uji pertama, anak-anak menggunakan media tisu. Media ini sangat mudah dan cepat mengalami kapilaritas, dan prosesnya sangat kelihatan. Anak-anak sangat senang dan antusias setelah begitu cepat untuk berhasil. Selanjutnya, kami menggunakan media kedua yakni tanaman kacang panjang. Tidak seperti tisu, setelah dua menit menunggu tidak terjadi perubahan apa-apa. Kacang panjang masih berbentuk seperti sedia kala. Anak-anak mulai menunjukkan ekspresi ketidakterimaan atas keberhasilan yang belum juga muncul seperti percobaab pertama tadi. Sambil menunggu , kami melakukan uji ketiga dengan media batang tanaman daun bawang. 

Percobaan semakin membuat tidak sabar. Setelah sepuluh menit tidak ada tanda-tanda peristiwa kapilaritas yang terjadi. Merasa hampir tidak berhasil, kami pun berdiskusi. Kenapa tidak berhasil seperti uji pertama yang kami lakukan pada tisu ya ? ‘’ mungkin karena airnya kurang banyak, mungkin karena tanamannya lebih tebal dari tisu sehingga butuh waktu lebih lama ,’’ begitu mereka berpendapat. 

Berdasarkan diskusi-diskusi tersebut maka kami memutuskan untuk memberi waktu proses kapilaritas berlanjut dengan alami, kami mau menunggu dengan sabar. ‘’Perlu kesabaran untuk membuktikan sesuatu,’’ demikian salah satu kalimat berkesan yang diungkapkan salah satu seorang anak saat mereview proses eksperimen. Ternyata menjadi ilmuan harus menjadi seorang yang sabar ya. Hehehehe

Aktifitas KaMo : Menjadi Ilmuwan : Kamo Homeschooling Community WA 0852 68506155

Tidak ada komentar:

Posting Komentar