Senin, 25 Juni 2018

Aktifitas KaMo : Merawat Anak Menjadi Perawat Kehidupan : WA 0852 68506155



Merawat Anak Menjadi Perawat Kehidupan


                 Bagaimana kondisi tempat hidup kita sekarang ini ? Musim semakin tidak jelas, udara bisa sangat panas dalam waktu yang sangat lama, hujan bisa datang tiba-tiba, dan yang mengejutkan adalah kabar terakhir mengenai kondisi Antartika yang semakin hari semakin banyak es yang mencair. Bumi semakin hari semakin kehilangan perawatnya. Tanah menjadi rusak, hutan gundul, sampah terbuang di sembarang tempat. 

                Bercocok tanam adalah aktivitas holistik yang bisa memfasilitasi anak mengenal kondisi sumber-sumber kehidupannya, termasuk kondisi bumi yang sedang tidak baik sekarang ini. Dengan bercocok tanam, anak akan bersentuhan langsung dengan tanah, tumbuhan, benih, dan yang lainnya. Dengan bercocok tanam, anak bisa tahu mana tanah yang gembur dan mana tanah yang rusak, memilah bibit-bibit yang baik untuk ditanam, mengatur pencahayaan, dan belajar terlibat dalam proses pertumbuhan benih tanaman yang ia tanam. 

                Anak tidak bisa hanya menanam bibit sekali, lalu selesai. Ada proses yang memang harus dia lalui. Benih tidak bisa langsung berubah sekejap menjadi pohon, jika tidak dirawat. Dengan kondisi inilah, maka anak akan belajar merawat. Bagaimana cara merawatnya ? Bagaimana cara membuat benih bisa bertahan tumbuh bahkan berbuah ?                

                KaMo Homeschooling menyediakan ruang dan kesempatan bagi anak untuk mengenal dan bertanggungjawab terhadap lingkungannya. Bersama proses belajar bercocok tanam anak terlatih menjadi salah satu perawat bumi. Setiap pagi akan memeriksa perkembangan tanaman, setiap sore menyiramnya, juga memperhatikan hama yang mungkin tumbuh di sekitar tanaman. Proses ini juga mengenalkan salah satu bidang yang mungkin saja akan menjadi bidang yang ingin ditekuni oleh anak, mengingat jumlah petani yang semakin sedikit. 


 Aktifitas KaMo : Merawat Anak Menjadi Perawat Kehidupan : WA 0852 68506155

Tidak ada komentar:

Posting Komentar