Kamis, 12 September 2013

Pesan Ibu



PROFIL
Nama : Nurhayati
Tempat,tgl lahir : Jakarta, 10 Desember 1968

 Banyak sekali orang-orang yang dapat menjadi panutan untuk hidup di sekeliling saya.Beberapa orang tersebut antara lain adalah ibu, ayah, Afgan, dan Agnes Monica. Namun, diantara mereka Ibu adalah orang yang paling berpengaruh bagi saya. Menurut saya, ibu adalah orang yang paling berjasa dalam hidup saya.Beliau selalu memberikan pesan dan masukan terbaik bagi hidup saya. Banyak petuah-petuah beliau yang membuat hati saya terenyuh.

Sejak ayah meninggal, ibu mulai menjadi orangtuatunggal bagi saya dan adik saya. Saat itu, saya berumur 10 tahun dan adik saya berumur 7 tahun. Sebagi orangtua tunggal, ia tidak pernah lelah mengurus saya dan adik. Ibu selalu mengingatkan saya agar tidak memilih-milih teman dari status ekonominya karena setiap orang bisa memberikan pelajaran hidup. Belum tentu seseorang dengan status ekonomi yang tinggi dapat dijadikan panutan, dan tidak menutup kemungkinan pula mereka dengan status ekonomi rendah tidak bisa menjadi panutan. Dari pengalaman hidup mereka, kita bisa lebih tahu bagaimana mensyukuri hidup dan perjuangan mereka untuk terus berusaha menjadi lebih baik dengan perjuangan dan jerih payah mereka.

Pesan lain ibu adalah belajar ikhlas. Jika kamu mengetahui dompet kamu telah hilang dan di curi oleh orang, janganlah kamu memaki dan menyumpahinya.Kita tidak tahu alasan mengapa mereka mencuri, mungkin untuk membiayai anaknya yang sedang sakit atau kelaparan. Hal yang lebih baik dilakukan pada situasi seperti itu adalah berdoa kepada Allah agar uang yang dia ambil digunakan untuk jalan yang baik dan benar dan mereka yang mencuri bisa dibukakan pintu rezekinya supaya dia tidak mengulangi perbuatan tercela seperti itu lagi.

Beliau juga selalu mengingatkan saya untuk berzakat. Setiap rezeki yang kita terima ada rezeki orang lain, yaitu fakir miskin dan kaum duafa. kita harus mengeluarkan 2,5% dari setiap rezeki kita. Kita tidak hanya bisa membantu orang di sekitar yang membutuhkan, namun kita juga mewujudkan rasa bersyukur kepada Allah atas rezeki yang kita terima selama ini. 

Semua pesan ibu akan selalu saya ingat karena bisa menjadi acuan hidup saya di masa depan dan saya akan menerapkan hal petuah-petuah dari Ibu saya untuk anak-anak saya kelak.

Ditulis oleh Ayu Anggraini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar