Kamis, 21 Juni 2018

Kemampuan dan Keterampilan Hening, Sulit Tapi Sangat Mungkin Dilakukan



Kemampuan dan Keterampilan Hening, Sulit Tapi Sangat Mungkin Dilakukan

by : Tiara Sila


KaMo Homeschooling Community WA : 0852 68506155



Kemampuan untuk hening adalah kemampuan yang cukup sulit tapi sangat mungkin dilakukan. Sebagai manusia yang aktif, khususnya dengan situasi manusia yang telah cenderung berubah dengan cepat menjadi masyarakat yang padat pengetahuan (knowledge society) dan padat informasi (information society), keterampilan diam sejenak atau hening menjadi semakin dibutuhkan. Dengan hening, manusia mempunya ruang dan waktu untuk mengkaji, merefleksikan, dan mempertimbangkan respon atau keputusan tepat yang hendak diambil. 


Ada banyak persoalan hidup terjadi karena alpanya kemampuan dan keterampilan hening atau diam sejenak. Keputusan dan respon yang diambil terasa buru-buru, reaktif dan jauh dari ketenangan, sehingga konflik terjadi atau bahkan membesar dan yang tersisa hanya penyesalan. Hening sangat dekat dengan ketenangan, konsentrasi, kesadaran dan kebijaksanaan. Hening menghasilkan situasi yang positif pada pelakunya. 

KaMo Homeschooling mengembangkan salah satu subjek penting yang berdiri sendiri yakni subjek  Reflection. Subjek belajar ini sangat dekat dengan kemampuan dan keterampilan hening. Duduk diam dengan sadar adalah salah satu metode yang akan sering dilakukan oleh anak dan guru. Kenapa hening menjadi sesuatu yang sulit ? Hal ini terjadi karena kita memang tidak berlatih, khususnya di situasi perubahan di mana ruang dan waktu cenderung semakin cepat dan sempit. Salah seorang siswa belajar yang telah terlibat dalam latihan ini menyebutkan bahwa begitu banyak pikiran dan perasaan yang melintas di kepalanya. Semakin lama semakin cepat pikiran-pikiran itu muncul, ‘’kapan ini selesai ?, berapa lama lagi ?, aku lapar, kenapa suara mereka begitu ribut ?’’, begitu yang diungkapakan anak-anak KaMo Homeschooling yang mengikuti latihan ini. Memang tidak mudah, tapi mungkin dilakukan. 

Kesempatan ruang dan waktu yang diberikan kepada anak sejak awal untuk latihan hening di kelas rasanya sejalan dengan kajian ahli pendidikan dunia yang menyebutkan bahwa wellbeing adalah substansi penting yang dibutuhkan menghadapi abad 21 setelah melihat fakta-fakta kegagalan pendidikan di paruh abad 20 yang lebih banyak memperhatikan kompetisi dan kemampuan intelektual dengan tidak kecakapan hidup yang bertumpu pada kesehatan mental dan emosional. Sekitar 1/3 penduduk dunia berusia di bawah 18 tahun , di negara manapun (kaya atau miskin) sekitar 10% anak-anak dan remaja memiliki gangguan mental dengan diagnosa (terutama kecemasan, depresi atau gangguan perilaku)1

 KaMo Homeschooling Community WA : 0852 68506155

Tidak ada komentar:

Posting Komentar